9 Benda Terlarang untuk Membersihkan Layar HandPhone - NOTE-IQBAL26

Sumber : JALANTIKUS

9 Benda Terlarang untuk Membersihkan Layar HP

Apa kamu termasuk orang yang membersihkan layar HP menggunakan baju atau celana jeans yang sedang dipakai, geng?
Mulai sekarang stop lakukan itu, ya! Selain memang bukan menjadi alat yang tepat untuk membersihkannya, benda itu juga bisa merusak layar HP kamu, geng.
Selain kedua benda itu, ada lagi lho benda terlarang lainnya. Mau tahu? Nih, Jaka kasih 9 benda terlarang untuk membersihkan layar HP.

1. Tisu Toilet

tissue_toilet
Tisu menjadi benda yang paling sering digunakan oleh banyak orang untuk membersihkan layar HP. Tapi apa kamu menggunakan jenis tisu toilet untuk membersihkannya?
Ternyata, tisu toilet bukanlah benda yang aman untuk digunakan sebagai pembersih layar HP lho, geng.
Soalnya, tisu toilet memiliki tekstur yang kasar dan kaku sehingga bisa menimbulkan risiko goresan pada layar HP dan justru membuat noda bertambah buruk.
Kalaupun ingin menggunakan tisu, sebaiknya pilih tisu yang memiliki tekstur lebih halus seperti misalnya tisu untuk bayi.

2. Alkohol

alkohol
Alkohol memang dipercaya ampuh dalam membunuh kuman-kuman yang menempel pada sebuah barang. Tapi, jangan pernah gunakan benda yang satu ini untuk layar HP kamu, geng!
Soalnya, penggunaan alkohol untuk membersihkan layar HP justru akan berpotensi merusak bagian penting dalam komponen layar.
Walaupun ada beberapa sumber yang menyebutkan alkohol masih aman digunakan untuk membersihkan layar laptop maupun HP, asalkan takaran penggunannya benar, tapi perusahan Apple justru menyarankan untuk menghindarinya lho.
Jadi, daripada nanti HP kamu kenapa-kenapa mending hindari saja, ya, geng.

3. Cairan Pembersih Kaca

cairan_pembersih_kaca
Jika penggunaan cairan pembersih kaca memang benar ampuh untuk membersihkan kaca jendela di rumah kamu, bukan berarti cairan ini bakal ampuh di semua jenis kaca termasuk di layar HP, geng.
Pasalnya, cairan pembersih kaca mengandung zat kimia yang lama kelamaan akan mengikis lapisan pelindung layar HP dan justru akan meninggalkan goresan.
Seperti yang dilansir dari Cnet, bahwa pembersih kaca dengan bahan abrasif dapat menggores permukaan layar.

4. Cuka

vinegar
Jika kamu pernah membaca artikel lifehack di internet yang menyarankan penggunaan cuka untuk membersihkan layar HP, sebaiknya kamu pikir-pikir lagi deh, geng.
Soalnya menurut LeBeau, seorang profesor ilmu dan teknik material, cuka justru malah akan meninggalkan goresan di layar HP kamu.
Kalaupun kamu tetap ingin menggunakannya, kamu bisa gunakan cuka untuk membersihkan bagian belakang HP saja dengan perbandingan campuran air 50/50.

Benda Pembersih Layar HP Terlarang Lainnya...

5. Sabun Pencuci Piring atau Tangan

sabun_cuci_tangan_dan_piring
Sabun pencuci piring atau tangan mungkin tidak mengandung zat kimia yang keras, tapi untuk membersihkan layar HP menggunakan bahan ini tentunya kamu perlu mencampurkannya dengan air.
Sedangkan permasalahannya adalah tidak banyak HP yang dibekali dengan fitur anti air, jadi hal ini tentunya malah akan menimbulkan risiko untuk HP kamu, geng.
Jika kamu tetap ingin menggunakan bahan ini untuk membersihkan layar HP, cara untuk menyiasatinya adalah dengan menggunakan bantuan kain lembab yang pastinya aman untuk digunakan, ya, geng.

6. Makeup Remover

makeup_remover
Buat para cewek tentunya sudah nggak asing lagi dengan benda yang satu ini, ya.
Fungsinya yang sangat membantu dalam membersihkan wajah kamu dari makeup, belum tentu juga berhasil untuk membersihkan layar HP dari noda, geng.
Makeup remover menjadi benda yang harus kamu hindari soalnya mengandung zat kimia yang justru akan meninggalkan goresan di layar HP kesayangan kamu.

7. Tisu Basah

tisu_basah
Apa kamu menggunakan tisu basah untuk membersihkan layar HP, geng?
Tidak dipungkiri tisu basah menjadi benda yang paling efektif dan banyak digunakan oleh orang untuk membersihkan layar HPnya.
Tapi ternyata, tisu basah juga masuk ke dalam daftar benda terlarang untuk membersihkan layar HP lho, geng.
Soalnya, sebagian besar tisu basah yang dijual di supermarket mengandung alkohol di dalamnya.
Sedangkan, seperti yang sudah Jaka sebutkan di poin kedua bahwa alkohol merupakan benda terlarang untuk kamu gunakan ketika membersihkan layar HP karena berisiko merusak komponen penting layar.
Jadi, kalaupun mau menggunakan tisu basah pastikan terdapat tulisan free alcohol atau bebas alkohol dalam kemasan produknya, ya, geng.
Karena pada dasarnya, alkohol itu untuk membunuh bakteri dan kuman, bukan untuk membersihkan layar HP kita!

8. Semprotan Udara (Compressed Air)

air_compressed
Compressed air atau semprotan udara biasanya digunakan untuk membersihkan debu yang membandel.
Sayangnya, penggunaan alat ini untuk membersihkan debu di layar HP sangat tidak dianjurkan, geng.
Soalnya, dengan kekuatan udara bertekanan tinggi yang dikeluarkannya justru akan berisiko merusak komponen pada HP terutama lubang microphone.

9. Parfum

parfum
Meskipun terdengar aneh, tapi ternyata ada juga, lho yang membersihkan layar HP menggunakan parfum.
Padahal nyatanya benda ini masuk ke dalam kategori benda terlarang untuk digunakan membersihkan layar HP.
Penggunaan parfum sangat tidak dianjurkan karena akan menyebabkan pelindung layar HP cepat terkikis. Apalagi saat ini parfum juga banyak yang mengandung alkohol.
Selain itu, menyemprotkan parfum untuk membersihkan layar justru malah akan memperparah noda yang menempel pada layar, geng.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama